Pelaksanaan Apel Pagi dan Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 (SP2020) Dari BPS Di Pelataran Kantor DPMP-PTSP Prov.Sultra

29 Januari 2020 - 07:38 WITA Dilihat: 161

Tidak seperti biasanya apel pagi di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Tenggara dirangkaikan dengan acara sosialisasi Sensus Penduduk tahun 2020 (SP 2020). 

Pada kesempatan itu, mewakili Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tenggara                                yakni Kepala Seksi Statistik Keuangan dan Harga Produsen Sahunan Qola Jayati, S.ST bersama beberapa staf. Rombombongan dari pihak BPS disambut oleh Kepala DPMP-PTSP Provinsi Sulawesi Tenggara Drs. H. Masmuddin, M.Si yang didampingi Kepala Bidang serta Kepala Seksi dan Staf DPM-PTSP Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kepala Seksi Statistik Keuangan dan Harga Produsen, Sahunan Qola Jayati, S.ST mengatakan, bahwa pihak DPM-PTSP sangat menyambut baik dengan adanya sosialisasi sensusus penduduk 2020. Pihaknya menambahkan “Sensus penduduk tahun ini menggunakan dua metode yakni online dan offline. Sensus berbasis online rencananya akan dimulai tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020. Sementara untuk penduduk yang belum menyampaikan data secara online akan didata petugas sensus dari tanggal 1 sampai dengan 31 Juli 2020.” 

Adapun tema sensus pada tahun 2020 ini, BPS mengusung tema “Mencatat Indonesia”.

"Sensus penduduk berbasis online sengaja ditetapkan untuk mempercepat sistem pendataan dan pemuktahiran data secara mandiri, sehingga mempermudah warga yang memiliki aktifitas tinggi," ujar Sahunan.

Sahunan menambahkan, sistem online dilakukan mengingat tidak semua penduduk memiliki waktu luang atau mudah untuk ditemui. Melalui sistem online, pendataan sensus penduduk diharapkan tidak ada yang terlewatkan. Karena itu, BPS juga mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara menyampaikan data di situs dengan basis data nomor e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) melalui laman resmi https://sensus.bps.go.id.

Perlu diketahui dalam pelaksanaan sensus kali ini, masyarakat tidak perlu cemas karena kerahasiaan data mereka akan dijamin oleh undang-undang, karena Setelah semua form terisi, masyarakat tinggal mengeprintnya sebagai bukti bahwa telah berpartisipasi dalam sensus online.

Pada akhir acara, taklupa pihak BPS Provinsi Sultra menyerahkan beberapa Souvenir Sensus Penduduk kepada peserta yang menjawab pertanyaan dan bertanya tentang Sensus Penduduk 2020. (ER)

Bagikan :

Berita Lainnya

Link Terkait